Skip to main content

INTERNATIONAL FRUIT DAY PROKAMI MUDA SUMBAR 2019


Tidak banyak yang mengetahui bahwa 1 Juli merupakan hari untuk memperingati buah sedunia. Hal ini pertama kali dirayakan pada tahun 2007 di Berlin, Jerman.  Tujuan awal dari peringatan hari buah ini adalah untuk berbagi buah dan sayur dalam sebuah hidangan makan besar agar semua orang bisa mengkonsumsi buah dan sayur dan terciptanya solidaritas diantara sesama.
Setiap tahunnya akan di pilih satu jenis buah untuk menjadi icon buah pada tahun tersebut. Buah yang menjadi icon tahun ini adalah papaya dan moto perayaan hari buah tahun ini adalah “flirt with more fruit”. Berikut jenis buah tahunan beserta moto yang diangkatkan setiap tahunnya.
Fruit of the
year
with the annual Motto
papaya
2019
"Flirt with more fruit"
kiwi
2018
"Cherish others"
quince
2017
"Reformation our food"
lime
2016
"Spice up your life"
blueberry
2015
"Our world, our fruit, our future"
pear
2014
"Create positive messages"
fig
2013
"Share fruit and smiles"
cherry
2012
"Active ageing and solidarity between generations"
mango
2011
"Volunteering"
pineapple
2010
"Combat poverty and social exclusion"
apple
2009
"Creativity and innovation"
raspberry
2008
"Together in diversity"
strawberry
2007
"Come together"

Papaya merupakan buah yang berasal dari Amerika tengah dan hindia barat. Papaya banyak mengandung kandungan gizi terutama vitamin A. peapaya mengandung protein, karbohidrat, lemak nabati, vitamin A, C, B kompleks, kalsium, magnesium, potassium, belerang, fosfor, zat besi, silicon, klorin, sodium, dan air. Mengkonsumsi papaya dalam mengurangi gangguan pencernaan, karena memiliki kandungan air yang tinggi, kandungan serat yang banyak, dan protein yang mudah dicerna.
 
BUAH DALAM ALQURAN:

  1. Buah Anggur
“Lalu dengan air itu, kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan” (almuminun ayat 19).
Mengkonsumsi buah anggur secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah, mencegah dan mengurangi penyakit kanker, menjaga kesehatan mata, dan menjaga system pencernaan. Kandungan resveratrol dalam buah anggur dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Resveratrol juga dapat menghalau radiasi sinar ultraviolet A dan B yang dapat menyebabkan risiko kanker kulit. Reaksi proteksi terhadap sinar UV ini dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

  1. Buah tin / buah fig
“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun” (At-tin ayat 1)
Buah tin mengandung kalori yang rendah, tinggi serat. Buah ini dapat mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi, sembelit dan menghentikan diare. Mengkonsumsi buah tin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pectin yang akan menggumpalkan kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh bersama feses. Buat tin mengandung aslam lemak omega-3, omega-6, dan fenol yang bagus untuk  perkembangan otak anak dan mengurangi risiko penyakit jantung bagi orang dewasa.

  1. Buah zaitun
“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Annahl ayat 11)
Buha zaitun terdiri dari 75-80% air, 11-15% lemak, dan 4-6% karbohidrat serta sejumlah kecil protein. Walaupun kandungan lemak buah zaitun terbilang tinggi namun lemak tersebut merupakan lemak baik, asam lemak yang paling banyak di dalam buah zaitun adalah asam oleat yang termasuk kedalam kategori asam lemak tak jenuh tunggal. Mengkonsumsi buah zaitun secara teratur dapat melawan terjadinya osteoporosis.

  1. Buah pisang
“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)” (alwaqiah ayat 29)
Pisang mengandung asam folat sehinga bagus di konsumsi oleh ibu hamil untuk perkembangan janin. Selain dengan mengkonsumsi pisang dapat mengurangi mual dan muntah ibu hamil. Pisang memiliki kandungan mangan sehingga dapat memperkuat tulang. Pisang memiliki kandungan kalium/potassium sehingga dapat mengurangi resiko gangguan ginjal. Pisang juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti karbohidrat (nasi) untuk yang sedang melakukan program pengurangan berat badan.

  1. Buah delima
“Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman” (al anam ayat 99)
Buah delima banyak mengandung fitonutrien, yaitu zat non gizi yang memiliki manfaat mendukung fungsi organ dan system organ tubuh. Fitonutrien ini  memiliki 3 manfaat utama yakni, sebagai antioksidan, anti penuaan dini, dan anti inflamasi atau peradangan. Serat yang dimiliki delima 2 kali lebih tinggi dibanding serat yang terkandung didalam apel dan pisang. Buah delima kaya akan vitamin K yang berfungsi membantu pembekuan darah dan baik untuk tulang. Jika dibandingkan dengan pisang dan apel, jumlah vitamin K dibuah delima 5 kali lebih banyak.

  1. Buah  kurma
Buah ini disebut beberapa kali di dalam Al-Quran , yakni di dalam surah Maryam, Surah Al-Haysr, Surah Al-Baqarah,  dan Surah Qaaf. 
“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu” (QS. Maryam ayat 25)
Buha kurma mengandung serat yang cukup tinggi, lemak serta vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K), Serta vitamin B kompleks. Kurma dapat dijadikan sebagai sumber terapi gizi untuk penderita anemia karena kandungan zat besinya yang mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian. Kurma juga memiliki tinggi asupan zat gizi mikro lain seperti magnesium, dan sodium.


BEBERAPA SUMBER

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-buah-zaitun-langsung-makan/

Comments

Popular posts from this blog

HARI KESEHATAN SEDUNIA

#Health for All! Tanggal 07 April diperingati oleh seluruh masyarakat dunia sebagai Hari Kesehatan Sedunia (HKS). Peringatan HKS yang di dukung oleh World Health Organisation (WHO) dipandang sebagai kesempatan untuk menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah global tentang kesehatan di masyarakat. 1 Kesehatan merupakan hak asasi manusia. Setiap manusia berhak memperoleh kesehatan agar dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Namun, yang juga harus kita sadari adalah kesehatan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. 2 Ajaran islam juga selalu menekankan dalam menjaga kesehatan. Banyak konsep menjaga kesehatan menurut islam, seperti menjaga kesucian dan kebersihan, menjaga makanan, serta perintah untuk berolahraga. Sebagai seorang muslim, kita harus memberi perhatian terhadap kesehatan karena kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan aktivitas sehari-hari. 3 Dala

Hari Hipertensi Sedunia

Hipertensi ( tekanan darah tinggi ) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik > 140mmHg dan atau tekanan darah diastolik > 90mmHg. Sering disebut The Silent Killer karena sering tanpa keluhan. Mengapa Hipertensi berbahaya? Prevalensi hipertensi akan terus meningkat tajam dan diprediksi pada tahun 2025 sebanyak 29% orang dewasa diseluruh dunia akan terkena hipertensi. tidak terkontrolnya tekanan darah dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti : penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, gangguan saraf, otak dan lainnya. Untuk itulah penyakit hipertensi ini sangat penting dicegah dan diobati. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda :  "Sessungguhnya berbekam adalah pengobatan yang paling utama atau termasuk terapi yang paling baik" (Sahih muslim No.2952) #Cegah hipertensi, tekanan darah terkontrol. Anda Selamat..

Kekuatan Muslimah

Wanita adalah penentu arah peradaban, karena darinya lahir dan besarlah seorang anak bangsa, tersebab dirinya seorang pemimpin dapat berdiri kokoh dalam tegaknya. Wanita, dia adalah sosok dibalik keagungan suaminya dan madrasah utama bagi anak-anaknya. Ada banyak cerita besar yang sudah ditorehkan wanita disepanjang sejarah. Hal ini membuktikan kekuatan seorang wanita. Ia kuat di dalam dan di luar keluarganya. Islam adalah sebuah agama yang sangat memuliakan wanita, meletakkannya tinggi sehingga tak sembarang orang yang bisa menyentuhnya.. Islamlah yang meletakkan kembali kemuliaan wanita dari titik terbawah kekejaman kaum jahiliah zaman dulu dan memberinya kesempatan untuk hidup dengan layak dengan hak yang sama seperti halnya laki-laki. Dalam dunia Islam banyak wanita kuat yang patut kita teladani, diantaranya: 1.       Khadijah binti khuwaylid Khadijah adalah sosok muslimah besar yang bahkan sudah terkenal   dari sebelum beliau menikah dengan Rasulullah SAW. Beliau adalah