Skip to main content

Kekuatan Muslimah


Wanita adalah penentu arah peradaban, karena darinya lahir dan besarlah seorang anak bangsa, tersebab dirinya seorang pemimpin dapat berdiri kokoh dalam tegaknya. Wanita, dia adalah sosok dibalik keagungan suaminya dan madrasah utama bagi anak-anaknya.
Ada banyak cerita besar yang sudah ditorehkan wanita disepanjang sejarah. Hal ini membuktikan kekuatan seorang wanita. Ia kuat di dalam dan di luar keluarganya. Islam adalah sebuah agama yang sangat memuliakan wanita, meletakkannya tinggi sehingga tak sembarang orang yang bisa menyentuhnya.. Islamlah yang meletakkan kembali kemuliaan wanita dari titik terbawah kekejaman kaum jahiliah zaman dulu dan memberinya kesempatan untuk hidup dengan layak dengan hak yang sama seperti halnya laki-laki. Dalam dunia Islam banyak wanita kuat yang patut kita teladani, diantaranya:
1.      Khadijah binti khuwaylid
Khadijah adalah sosok muslimah besar yang bahkan sudah terkenal  dari sebelum beliau menikah dengan Rasulullah SAW. Beliau adalah seorang wanita mandiri yang memilih jalan bisnis hingga menjadi seorang pedagang ekspor impor yang sukses. Memiliki banyak harta tidak membuatnya sombong maupun angkuh, khadijah adalah tokoh wanita dermawan yang selalu menyisihkan sebagian hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan.
Sifat kedermawanan ini semakin kuat setelah beliau menikah dengan Rasulullah. Beliau menjadi tokoh sentral dalam perjuangan Rasul menyebarkan panji-panji Islam. Beliau menjadi wanita pertama yang menyatakan diri masuk Islam setelah nabi menerima risalah kenabian. Tanpa ragu Khadijah mengeluarkan seluruh kekayaan yang beliau miliki untuk Islam. Hingga diakhir perjuangan beliau, khadijah tetap ingin memberikan kekuatan untuk Islam dengan mensedekahkan harta yang terakhir beliau miliki, tulang belulang beliau. MasyaAllah, sungguh indah pribadimu wahai ibunda, memberikan semua apa yang engkau punya untuk Islam, sedangkan kami muslimah akhir zaman malah lebih sering mengkhawatirkan masalah keduniawian. Astaghfirullah.
2.      Asiya Binti Muzahim
Seorang wanita dapat diuji dengan berbagai hal, bisa itu ujian harta, ujian kedudukan, ujian anak, bahkan ujian dapat hadir dari orang paling dekat sekalipun – ujian suami. Asiya adalah istri dari seorang raja yang sangat kejam – Firaun. Sebagaimanapun jahat dan angkuhnya suaminya Asiya tetap mempertahankan perilaku baik terhadap sesama. Asiya diuji keimanannya oleh Allah dengan mendapatkan siksaan dari suaminya sendiri. Suaminya yang angkuh itu meminta Asiya untuk tunduk kepadanya dan mengakuinya sebagai tuhan.
Ditengah siksaan yang sangat pedih tak sedikitpun iman Asiya goyah kepada Allah. Hanya Allah-lah Tuhan yang patut disembah, yang telah menciptakan langit dan bumi beserta apa-apa yang berada diantaranya. Tiada satupun di dunia ini yang berhak mengakui dirinya sebagai Tuhan. Hanya Allah, Laa illa ha illallah. Ditengah siksaan Firaun beliau berpulang kerahmatullah dalam keadaan tersenyum karena Allah menghibur hatinya dengan menampakkan kepadanya kediaman beliau di Surga.
3.      Razzan Al Najjar
Razzan Al Najjar adalah salah satu dari muslimah yang memperjuangkan kiblat pertama umat Islam, Masjidil Aqsa di Palestina. Razzan adalah seorang perawat asal Palestina. Beliau ditembak peluru tajam dibagian dada oleh tentara Israel pada 1 Juni 2018.
Ditengah perseteruan Palestina dan Israel terdapat prosedur etik tenaga kesehatan yang dsepakati kedua belah pihak yakni seorang petugas kesehatan tidak boleh dibunuh disaat menyelamatkan nyawa. Namun pemerintah Israel menyatakan kepada dunia bahwa kematian Razzan adalah sebuah ketidaksengajaan, hal ini berbeda dengan bukti yang terdapat dilapangan dimana peluru tersebut memang ditujukan sniper secara langsung ketubuh Razzan.
Keberaniaannya Razzan dalam membela Agama Islam, dan menolong muslim yang terluka harus kita jadikan tauladan, bahwa kita sebagai tenaga kesehatan muslim harus memiliki keberanian menyatakan yang hak dan mematahkan kebatilan sekuat yang kita bisa karena Allah.
4.      Ada beberapa nama muslimah yang meraih gelar nobel, diantaranya Dr. Shirin Ebadi. Beliau adalah seorang muslimah asal Iran yang mendapatkan nobel sebagai aktivis HAM pada tahun 2003. Tawakkal Karman, seorang jurnalis dan politisi Yaman yang mendapat penghargaan nobel dibidang perdamaian pada tahun 2011. Malala Yousefzai, yang menerima gelar nobel pada usia baru menginjak 17 tahun.
5.      Ibu-Ibu yang sudah melahirkan dan merawat kita di rumah juga merupakan wanita yang kuat. Mengasuh kita dan mendidik kita dari sedari kecil membutuhkan kesabaran dan keikhlasan yang sangat besar. Banyak pengorbanan yang harus ibu kita lakukan sehingga kita bisa berdiri sekarang dengan kaki sendiri.
Dari beberapa nama di atas jelaslah bahwa muslimah adalah sebuah harta yang sangat berharga. Mereka mampu berjuang dibidang mereka masing-masing, baik  itu bisnis, politik, pendidikan, bahkan ada muslimah yang pernah berkiprah di luar angkasa (Anousheh Anshari) pada tahun 2006. MasyaAllah, sungguh sahabat perempuan Indonesia, jadilah muslimah intelektual. Torehlah prestasi setinggi-tingginya sehingga dapat menaikkan nama wanita Islam di kancah internasional.
            Namun setinggi-tingginya kita berkarya kita harus tetap ingat tempat pulang kita. Kewajiban terbesar seorang wanita. berkarir di dalam keluarga. Menciptakan sebuah suasana cinta Islam di dalam keluarga kecilnya adalah suatu keharusan. Mengenalkan Allah dan rasulnya kepada anaknya sedini mungkin, mengokohkan iman suami, memberi support penuh akan karir suami, menjadikannya besar juga tanggung jawab wanita muslimah yang kuat.

Selamat hari perempuan sedunia. J
Semangat menginspirasi J

Comments

Popular posts from this blog

Hari Hipertensi Sedunia

Hipertensi ( tekanan darah tinggi ) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik > 140mmHg dan atau tekanan darah diastolik > 90mmHg. Sering disebut The Silent Killer karena sering tanpa keluhan. Mengapa Hipertensi berbahaya? Prevalensi hipertensi akan terus meningkat tajam dan diprediksi pada tahun 2025 sebanyak 29% orang dewasa diseluruh dunia akan terkena hipertensi. tidak terkontrolnya tekanan darah dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti : penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, gangguan saraf, otak dan lainnya. Untuk itulah penyakit hipertensi ini sangat penting dicegah dan diobati. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda :  "Sessungguhnya berbekam adalah pengobatan yang paling utama atau termasuk terapi yang paling baik" (Sahih muslim No.2952) #Cegah hipertensi, tekanan darah terkontrol. Anda Selamat..

HARI KESEHATAN SEDUNIA

#Health for All! Tanggal 07 April diperingati oleh seluruh masyarakat dunia sebagai Hari Kesehatan Sedunia (HKS). Peringatan HKS yang di dukung oleh World Health Organisation (WHO) dipandang sebagai kesempatan untuk menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah global tentang kesehatan di masyarakat. 1 Kesehatan merupakan hak asasi manusia. Setiap manusia berhak memperoleh kesehatan agar dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Namun, yang juga harus kita sadari adalah kesehatan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. 2 Ajaran islam juga selalu menekankan dalam menjaga kesehatan. Banyak konsep menjaga kesehatan menurut islam, seperti menjaga kesucian dan kebersihan, menjaga makanan, serta perintah untuk berolahraga. Sebagai seorang muslim, kita harus memberi perhatian terhadap kesehatan karena kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan aktivitas sehari-hari. 3 Dala

INTERNATIONAL FRUIT DAY PROKAMI MUDA SUMBAR 2019

Tidak banyak yang mengetahui bahwa 1 Juli merupakan hari untuk memperingati buah sedunia. Hal ini pertama kali dirayakan pada tahun 2007 di Berlin, Jerman.  Tujuan awal dari peringatan hari buah ini adalah untuk berbagi buah dan sayur dalam sebuah hidangan makan besar agar semua orang bisa mengkonsumsi buah dan sayur dan terciptanya solidaritas diantara sesama. Setiap tahunnya akan di pilih satu jenis buah untuk menjadi icon buah pada tahun tersebut. Buah yang menjadi icon tahun ini adalah papaya dan moto perayaan hari buah tahun ini adalah “flirt with more fruit”. Berikut jenis buah tahunan beserta moto yang diangkatkan setiap tahunnya. Fruit of the year with the annual Motto papaya 2019 "Flirt with more fruit" kiwi 2018 "Cherish others" quince 2017 "Reformation our food" lime 2016 "Spice up your life"